Minggu, 17 Juni 2012

‘Face Maker’ , Kiat SM untuk Tingkatkan Popularitas?


Kalian pernah denger kata face maker ?? face maker artinya pendongkrak atau pemicu. Istilah itu biasanya ditujukan di kalangan artis. Karna aku ELF jadi aku hanya ngeliat ke Super Junior doang, maaf karna aku kurang begitu tau untuk BB atau GB lain menggunakan istilah ini atau gak. Menurut ku face maker ini merupakan strategi bagi SM Entertainment untuk menaikkan popularitas. Ini semacam doktrin tambahan. Karena kita sudah tau Super Junior merupakan project grub.
Inget gak ketika album sorry-sorry rilis,, http://www.freecodesource.com/album-covers/B0027ZY0LG–super-junior-dai3shu-sorry,-sorry-album-cover.html  saat itu Suju sedang vakum cukup lama (anggap lah vakum karena gak ngeluarin album, mereka lebih fokus ke reality show), untuk meningkatkan popularitas super junior dan meningkatkan penjualan album maka di buat kabar bahwa Kibum, anggota ke 12 di super Junior  memilih lebih fokus ke karir akting daripada super junior. Padahal kita tau setiap hari minggu ia menyempatkan latihan vocal lagi, ia ingin bisa bernyanyi seperti yang lain. Dan Efeknya apa ??? super junior tersorot dan penjualan album menjadi melejit bahkan membuat mereka menjadi hallyu star…

ketika album Bonamana di luncurkan ternyata ada kabar bahwa hangeng mengundurkan diri dari SJ dan apa yang terjadi lagi ???? Penjualan Album Bonamana menjadi laris di luar dugaan… pengunduran diri ini terkesan sangat mendadak karna kita tahu sebelumnya hubungan antar Hangeng dan SM baik-baik saja. Tiba-tiba saja muncul berita bahwa hangeng dan SM saling melayangkan tuntutan. Permasalahannya adalah karna Hangeng yang terlalu di kekang oleh SM, ia merasa tidak mendapatkan keadilan. Namun sekarang secara tiba-tiba lagi Gege mencabut tuntutan. Saat diwawancara salah satu infotainment dia berkata bahwa dia sudah berada di pihak yang menang. Seharusnya Gege yang dari awal merasa SM tidak adil kepadanya merasa senang karna ia memenangkan kasus tersebut tetapi nyatanya gege mencabut gugatannya.
Dua kasus yang terjadi di atas memperlihatkan bahwa SM membuat berbagai macam cara agar artisnya menjadi terkenal. Aku tidak tau apakah super junior mengetahui apa yang dilakukan SM. Tetapi melihat dari apa yang dilakukan Kangin sebelum ia masuk Wamil sepertinya mereka mengetahuinya. Kangin sering melampiaskan emosinya ke alkohol. Ia begitu tertekan dengan apa yang terjadi. Demikian juga dengan Heechul, ia membuat single yang berjudul Close Your Mouth.
Percobaan untuk menjaga popularitas pada artisnya juga dilakukan kepada HOT, BB pertama SM yang sangat terkenal setelah debutnya. Percobaan ini berupa mendaftarkan semua member HOT masuk Wamil secara serentak. Sayangnya percobaan ini gagal. Awalnya mereka (baca:SM) berpikir kalau semua member mendaftar Wamil secara bersamaan mereka tidak akan vakum terlalu lama dan papularitasnya tidak akan terlalu drastis menurun. Namun yang terjadi sebaliknya. Ketika HOT sudah menyelesaikan tugasnya dan mereka kembali debut, album mereka tidak terjual laris.
Rata-rata artis korea paling lama bersinar hanya 5 tahun, tapi uri super junior udah mencapai 7 tahun. Strategi SM ini memang cukup ampuh untuk mempertahankan super junior sampai sekarang. SM bagaikan berjudi, pemicu bisa unggul, atau yang di picu lebih unggul. Dan ternyata Super Junior, Kibum , dan Gege menjadi shining star. Gak heran kalau ada hoax gege dan kibum akan balik ke Super junior lagi. Aku yakin untuk gege dan kibum, mereka masih di awasi SM atau dengan kata lain ada kontrak tersembunyi di antara mereka.

2 komentar:

  1. "ada hoax gege dan kibum akan balik ke Super Junior lagi." jadi Kibum gak akan balik lagi gitu? Dia masih member loh, walaupun hiatus dan gak ada kemungkinan bahwa dia akan balik sih kalo liat keadaan sekarang.. Ah ya, aku nanya biasa kok, gak pake nada nyolot. ^^v

    BalasHapus
  2. ah~ne. aku tau itu. aku pengen malah kalau kibum sama hangeng balik ke SJ. aku nulis ini cuma ingin berbagi aja~ mian klo artikel ini salah. aku cuma ingin berbagi.

    BalasHapus